POJOK LITERASI

Menyalakan Literasi di Tengah Pandemi,

SMA Negeri 2 Wonogiri Terbitkan 5 Buku

Kegiatan penguatan literasi sekolah di tengah pandemi covid-19 memang memerlukan usaha lebih. Saat pembelajaran dilakukan secara daring, kegiatan penguatan karakter menjadi lebih sulit, termasuk karakter gemar membaca.

Salah satu upaya yang dilaksanakan oleh SMA Negeri 2 Wonogiri untuk menyalakan literasi di tengah pandemic adalah dengan mendukung penerbitan buku karya guru, karyawan atau siswa. Dalam tahun pelajaran 2020/2021, sudah ada 5 buku yang didukung penerbitannya oleh sekolah, terdiri dari 3 buku karya guru,  dan dua buku antologi karya siswa, guru dan karyawan.

Buku yang pertama adalah karya Bapak Uji Saputro, S.Si, M.Si, berjudul : BUSAKUSOHOT; Buku Saku Kumpulan Soal HOTS Kimia Kelas XII. Buku ini akan membantu siswa kelas XII dan guru untuk belajar Kimia dengan lebih menyenangkan. Setiap soal dilengkapi dengan pembahasan yang terperinci dan jelas. Model soal HOTS yang disajikan di buku ini memang sudah sesuai dengan tuntutan zaman. Soal HOTS melibatkan keterampilan perpikir aras tinggi (Higher Order Thinking Skills), sebuah ketrampilan yang diperlukan siswa sebagai bekal menghadapi abad 21. Awesome!

Buku yang ke-dua adalah buku karya Ibu Yayah Nur Rohayati, S.Pd, M.Pd, berjudul: I LIKE SPEAKING ENGLISH BUT I’M INDONESIAN. Buku karya Ibu Guru Bahasa Inggris ini berisi tentang upaya penguatan karakter di dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Tidak hanya teoritis, buku ini juga memberikan contoh – contoh riil tentang bagaimana penerapannya di dalam kelas. Meskipun mempelajari bahasa asing, siswa tetap akan dikuatkan kecintaannya akan bahasa dan budaya bangsa sendiri. Great!

 Kedua buku diatas merupakan pemenang di lomba Guru Menulis yang diselenggarakan oleh SMA N 2 Wonogiri dalam kegiatan Festival Literasi Daring pada bulan Januari 2021. Kedua guru tersebut mendapat bantuan subsidi penerbitan buku sebagai hadiahnya.

Buku karya guru ketiga adalah buku MY STORY BOOK karya Ibu Dewi Apriliana, S.Pd. Buku ini mendapat juara 3 Penulis Terbaik dalam program SAGUSAKU 2021 – Satu Guru Satu Buku – Kabupaten Wonogiri. My Story Book berisi kumpulan cerita bilingual English – Indonesian yang akan menjadi teman menarik untuk belajar Bahasa Inggris. Cerita-cerita di dalamnya dibuat dalam rentang kosakata (vocabulary) yang bertahap, mulai dari mudah sampai sedang. Cocok untuk mereka yang ingin belajar Bahasa Inggris melalui cerita yang menyenangkan.

Buku keempat ini bagai sebuah kejutan, bapak ibu guru karyawan SMA N 2 Wonogiri bersemangat menulis puisi – puisi indah untuk merayakan Hari Pendidikan Nasional 2021. Bapak Ibu guru dan karyawan yang sebagian besar jarang, atau malah tidak pernah menulis puisi, bisa menghasilkan karya – karya puisi yang begitu membanggakan. Untuk mengapresiasi karya – karya mereka itulah, sekolah kemudian berencana untuk menerbitkannya dalam bentuk buku antologi puisi berjudul JEJAK KAKI MIMPI.

Buku kelima ini tak kalah membanggakan. Buku SEBUNGKUS CILOK UNTUK KAKAKKU bagaikan sebuah masterpiece, kumpulan karya membanggakan dari siswa-siswi SMA N 2 Wonogiri. Tulisan – tulisan di buku ini berupa pentigraf – cerpen tiga paragraf- yang ringkas dan menarik. Antologi ini lahir dari lomba menulis pentigraf yang diadakan dalam Festival Literasi Daring 2021 SMA N 2 Wonogiri. Siswa dari berbagai kelas mengirimkan pentigraf yang mereka tulis dari rumah. Berbagai cerita suka duka pembelajaran daring yang mereka alami menjadi tema utama di buku antologi ini.

Semoga dengan penerbitan 5 buku tersebut, literasi di SMA N 2 Wonogiri tak akan surut meskipun pandemi melanda. Semoga dengan munculnya karya – karya tersebut, makin banyak siswa – siswi SMA N 2 Wonogiri yang bersemangat untuk membaca dan menulis. Bapak Ibu dan karyawan pun juga akan makin bersemangat mengiatkan budaya literasi di sekolah ini. Sejarah menunjukkan bangsa yang besar adalah bangsa dengan budaya literasi yang kuat. Salam Literasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *