PROFILE

SMA Negeri 2 Wonogiri merupakan Sekolah Menengah Akhir favorit yang berlokasi di pusat kota, tepatnya di Jalan Nakula 5, Wonokarto, kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri. Terdapat 3 Jurusan kelas berdasarkan peminatan yakni Kelas IPAIPS dan Bahasa.

Atas prakarsa Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Bp. Mashuri, SH pada tahun 1973 beliau mendirikan unit-unit sekolah baru bernama SMPP (Sekolah Menengah Persiapan Pembangunan) di seluruh Indonesia. Di Jawa Tengah dibuka 6 SMPP yaitu di Kabupaten Brebes, Kodya Purwokerto, Kabupaten Bantul (DIY), Kabupaten Purwodadi, Kodya Surakarta dan Kabupaten Wonogiri.

Pendirian SMPP di Wonogiri bersama dengan SMPP lainnya di seluruh Indonesia berdasarkan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 0256/0/1973 tanggal 18 Desember 1973. Gedung SMPP di Wonogiri dibangun pada area seluas 4,3 Ha yang dahulunya merupakan lahan Perhutani kemudian alih tukar dengan Pemda Wonogiri dan menjadi wilayah pemerintah Daerah Wonogiri, tepatnya sekarang di kelurahan Wonokarto, kecamatan Wonogiri.

Pertama-tama SMPP Wonogiri diampu dan diasuh oleh guru-guru SMA Negeri 1 Wonogiri. Pada bulan Januari 1974 baru dilaksanakan penerimaan siswa baru. Pada tahun ajaran pertama (1974) SMPP menerima siswa sebanyak 2 kelas sebanyak 80 anak dan semenjak tanggal 3 Januari 1974 dinyatakan sebagai hari jadi SMPP. Selanjutnya pada tahun 1976 secara resmi SMPP dilepas dari asuhan SMA Negeri 1 Wonogiri dan berdiri sendiri dengan Kepala Sekolah Bp. Soejono.

Pada tahun 1985 sewaktu kepala SMPP dijabat Bp. Sihiman, BA nama SMPP diubah menjadi SMA Negeri 2 Wonogiri berdasarkan SK menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No. 0353/01985 tanggal 9 Agustus 1985.

Perkembangan SMA Negeri 2 Wonogiri, semakin pesat dengan bangunan yang bergengsi untuk mengimbangi luas tanah dan kebutuhan masyarakat dunia pendidikan. Pembangunan-pembangunan tersebut berjalan lancar baik atas bantuan pemerintah dan adanya partisipasi masyarakat melalui BP3-nya, seperti sarana-sarana fisik maupun sarana prasarana lainnya seperti Laboratorium IPA, Laboratorium Bahasa, Laboratorium Komputer, Laboratorium Multimedia, Lapangan Olahraga, Wi-Fi Area, Aplikasi PAS dsb.

SMA Negeri 2 Wonogiri yang sekarang telah berusia 43 tahun. Dalam usia ini, SMA Negeri 2 telah mendapat kepercayaan untuk melaksanakan Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional. Hasil evaluasi program kerja RSBI untuk tahun 2007-2008 adalah B, sedangkan hasil akreditasi oleh badan akreditasi nasional tahun 2007, 2008 dan 2009 adalah A.

SMA NEGERI 2 WONOGIRI :

1. Sekolah penyelanggara UNBK I
2. Sekolah penyelenggara gerakan literasi
3. Sekolah penyelenggara pembelajaran sistem SKS
4. Sekolah Rujuan

TUJUAN PENDIDIKAN SMA

MENGANTARKAN SISWA UNTUK MELANJUTKAN KE PENDIDIKAN YANG LEBIH TINGGI DAN PENGEMBANGAN SEKOLAH BERPEDOMAN PADA 8 STANDAR PENDIDIKAN

SISTEM PENDIDIKAN DAN KURIKULUM

Standar kurikulum yang digunakan sekolah ini mengacu pada standar kurikulum nasional berdasarkan peraturan dari Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Visi :

Terwujudnya insan yang beriman, bertaqwa, berakhlak mulia, cerdas, kompetitif, literat, dan berwawasan lingkungan.

Misi :

  1. Meningkatkankeimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa
  2. Menanamkan nilai-nilai luhur budaya bangsa dalam Negara Kesatuan yang ber-Bhinneka Tunggal Ika
  3. Mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk menjawab tantangan hidup yang berlandaskan nilai kecerdasan pengetahuan, sosial, dan emosional
  4. Meningkatkan keterampilan, kreativitas, dan inovatif peserta didik dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, seni dan olahraga untuk menumbuhkan budaya kompetitif
  5. Meningkatkan kompetensi sikap, keterampilan, dan kepribadian sebagai bekal kompetisi pada masa yang akan datang
  6. Menumbuhkan budaya literat pada perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan olahraga
  7. Mewujudkan sikap dan perilaku yang berwawasan lingkungan

TUJUAN SEKOLAH :

  1. Peningkatankeimanan dan ketakwaanterhadapTuhan Yang Mahaesasesuai agama yang dianut.
  2. Terwujudnyatoleransiantarpenganut agama yang berbeda.
  3. Peningkatankedisiplinaninsansekolahdalamperilakusehari-hari.
  4. Terwujudnyaakhlaqinsansekolah yang baik dan terpuji.
  5. Terwujudnyakepribadianinsansekolah yang berkarakter.
  6. Peningkatanefektifitaspembelajaran
  7. Peningkatancapaiankompetensiujiannasional.
  8. Peningkatanjumlahpesertadidik yang diterima di perguruantinggi.
  9. Peningkatanprestasi pada ilmupengetahuan dan teknologi, seni dan olahraga di tingkatpropinsi, nasioanal dan internasional.
  10. Peningkatanketrampilanpesertadidikdalambidangilmupengetahuan dan teknologi, seni dan olahraga.
  11. Peningkatankreatifitaspesertadidikdalambidangilmupengetahuan dan teknologi, seni dan olahraga
  12. Peningkatandayainovasi dan penyerapaninovasipesertadidikdalambidangilmupengetahuan, seni dan olahraga.
  13. Peningkatanketrampilanteknologiinformasi yang berwawasanlingkungansebagaibekalpersaingan global.
  14. Terbentuknyabudayakompetitif pada bidangilmupengetahuan, teknologi, seni dan olahraga.
  15. Terwujudnyasikap dan perilaku yang berwawasanlingkungan.
  16. Terwujudnyabudayamembaca pada lingkungansekolah.
  17. Terwujudnya kultursekolah yang mendukungtercapainyatujuansekolah