KURIKULUM

MAPEL EKONOMI

Guru Mapel : Untung Sudrajat, SE.,M.Pd.

Kelas 11 IPS/Media Aplikasi : Google Classroom/Kamis, 16 Juli 2020/Pukul 07:30 s.d 08:30 WIB

Bab 1 Materi : Pendapatan nasional
Adalah ukuran dari nilai total barang dan jasa yang dihasilkan suatu negara dalam kurun waktu tertentu. Adapun metode penghitungannya adalah :

  1. expenditure approach Y : pendapat nasional, w : upah pekerja, r : sewa, i : bunga, p : laba. Bisa dirumuskan Y : w+r+i+p
  1. Income approach Y : pendapatan nasional, C : konsumsi, I : Investasi G : pengeluaran pemerintah, X : eksport, M : import. Bisa dirumuskan Y : C + I + G + (X – M)

Bab 2 : INFLASI
Apa itu inflasi yaitu keadaan dimana harga secara umum naik secara terus menerus yg disebabkan uang yang beredar dimasyarakat terlalu banyak.
Salah satu kebijakan pemerintah untuk mengatasi adalah monetary policy yaitu. Bisa dicontohkan dengan menaikkan tingkat suku bunga bank atau politik diskonto. Itu bisa mempengaruhi jumlah uang yg beredar yaitu uang akan mengalir ke pemerintah.

Catatan pembelajaran daring : siswa antusias dlm pmbelajaran…dgn bukti bnyak yang bertanya dan menjawab


MAPEL FISIKA

Kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh dengan moda daring

Nama guru : Titin Adiyanti, S. pd., M.Pd
Hari, tanggal : Kamis, 16 Juli 2020
Jam : 12.30 – 13.30
Satuan Pendidikan : SMA Negeri 2 Wonogiri
Mata Pelajaran : Fisika Lintas Minat
Kelas / Semester : X IPS
Materi : Sosialisasi Silabus Fisika X semester gasal
Media :
zoom meeting, chanal YouTube dan
google formulir.

Ringasan jalannya pembelajaran :

  1. Guru membuka zoom meeting.
  2. Peserta didik joint pada link meeting http://gg.gg/zoom_fisika_umum
    dan password : 9uwfcz
  3. Peserta didik mengisi form daftar hadir pada link https://bit.ly/daftarhadir.
  4. Guru menginformasikan tujuan pembelajaran dan skenario pembelajaran.
  5. Guru memyampaikan materi berupa video yng telah diunggah pada chanal youtube TITINADIYANTI
  6. Siswa menonton video materi sosialisasi silabus fisika X semester gasal.
  7. Guru memberi ulasan singkat seputar materi.
  8. Tanya jawab seputar materi dilakukan diluar zoom meeting. Yaitu pada group WA kelas.
  9. Guru menyampaikan kegiatan pertemuan berikutnya
  10. Guru menutup pelajaran.

Kegiatan Pembelajaran jarak jauh dengan moda daring

Nama guru                  : Saptiwi Rohayati, S. Pd

Hari, tanggal               : Rabu, 22 Juli 2020

Jam                              : 12.30 – 13.30

Mata Pelajaran           : Bahasa dan Sastra Inggris

Kelas/semester           : XI MIPA6,7 dan XI IPS 1-4

Materi                         : KD. 3.1 Expressing suggestion

Media                         : WA grup, Google classroom, video conversation BBC ‘making suggestion is easy’, video pembelajaran ‘expressing suggestion’ dari Rumah Belajar Kemdikbud

Ringkasan jalannya pembelajaran:

  1. Guru menyapa siswa di WAG dan menyampaikan evaluasi pembelajaran daring pertemuan berikutnya.
  2. Siswa diminta mengakses akun Google classroom masing-masing.
  3. Siswa diminta untuk mengisi daftar hadir mengikuti KBM daring di google classroom.
  4. Siswa diminta membuka tugas kelas hari tersebut. Tugasnya yaitu menyimak sebuah video conversation BBC ‘making suggestion is easy’ yang ditautkan dari link Youtube. Setelah itu siswa diminta untuk mengidentifikasi ungkapan memberi saran yang ada dalam percakapan tersebut. Siswa diminta menuliskan jawabannya di atas kertas lalu mengunggah fotonya di akun google classroom masing-masing.
  5. Siswa dipersilahkan untuk bertanya bila ada yang belum dipahami.
  6. Guru memberikan feedback terhadap hasil pekerjaan siswa.
  7. Guru menutup pembelajaran.

Kegiatan Pembelajaran Online

Nama : Diana Muslichatun, S.Pd.

Hari, tanggal : Rabu, 15 Juli 2020

Jam : 09.00 – 10.00

Mata Pelajaran : Kimia

Kelas / Semester : XII MIPA / 5

Materi : Sifat Koligatif Larutan

Media : WA, Google Formulir, Channel Youtube, dan Google Classroom

Pembelajaran online dimulai dengan memberi salam kepada siswa di WA Group kelas masing-masing. Kemudian siswa diberi link google formulir untuk presensi selama 10 menit. Setelah itu siswa literasi digital dengan membuka Channel Youtube Diana Muslichatun. Video tersebut berisi tujuan pembelajaran, materisi fatkoligatif larutan, rumus satuan konsentrasi dan contoh soal satuan konsentrasi. Siswa tidak hanya menonton video, tapi juga literasi baca tulis engan merangkum video materi yang dijelaskan. Hasil rangkuman dikumpulkan melalui google classroom, untuk nantinya diberi nilai dan feedback.

Pembelajaran online berlangsung dengan lancar. Siswa melaksanakan dengan tertib dan disiplin. Hal tersebut dilihat dari data siswa ketika input presensi sesuai jam mulai pelajaran dan hasil rangkuman dikirim sebelum jam pelajaran selesai. Hasi rangkuman siswa cukup jelas dan menunjukkan bahwa siswa mampu memahami materi dengan baik.